DEBIAN


Sistem operasi berbasis Linux


Assalamualaikum Wr. Wb

Perkenalkan nama saya Amelia Gustina siswi dari SMK Muhammadiyah 1 Margaa Tiga,disini saya sedang melaksanakan prakerin di LKP Metro Techno Solution
Kali ini saya akan membahas sedikit tentang LINUX atau DEBIAN. Sebelum kita membahasnya jangan lupa klik tempat kursus terbaik se-Lampung ya teman-teman


Apa si Linux itu? Yuk kepoin di tempat kursus pkl terbaik Se-Lampung dan tempat kursus komputer terbaik


Linux adalah salah satu OS yang menganut sistem UNIX yang menggunakan model pengembangan, serta distribusi software secara gratis, maupun biasa Anda kenal dengan sebutan open source. Linux sendiri mungkin kurang familiar apabila dibandingkan dengan Windows. Hal tersebut sangat wajar karena pengguna Linux merupakan orang-orang dengan jumlah presentase yang sangat sedikit dibandingkan windows. Selain itu, Linux juga OS yang handal nan tangguh, meskipun Anda tidak membutuhkan biaya untuk memakainya. Linux lebih terbukti stabil dan jarang terdapat permasalahan yang umum, misalnya proses yang melambat, terkena virus maupun malware, dan lain-lain. Jadi, Anda akan jarang mendapat masalah-masalah pada OS ini.kebutuhan dari Linux sendiri lebih dikenal dengan istilah distributions, atau biasanya disingkat dengan distro.

Linux ini memiliki sejumlah versi yang berbeda, serta dapat memenuhi kebutuhan dari para pengguna yang tentunya akan berbeda-beda pula. Mulai dari para pengguna baru sampai pengguna lama dapat mendapatkan versi Linux yang disesuaikan dengan kebutuhan. Saat ini, hampir semua versi Linux dapat diunduh secara gratis dan dipasang di mana saja sesuai dengan keinginan Anda.
Linux ini memiliki sejumlah versi yang berbeda, serta dapat memenuhi kebutuhan.


Linux yang akan dibahas adalah Debian

Debian
Debian adalah salah satu tipe dari macam-macam sistem operasi Linux yang telah lama ada sejak tahun 1999 lalu dan terus dikembangkan secara teratur di setiap tahunnya, hingga saat ini telah memasuki versi 8. Sistem operasi ini sebenarnya kurang cocok digunakan untuk tujuan personal. Hal ini karena fungsinya lebih diperuntukkan pada penggunaan di sistem komputer server maupum admin.

Sejarah Debian

Debian pertama kali diperkenalkan oleh Ian Murdock, seorang mahasiswa dari Universitas Purdue, AS. Pada Tanggal 16 Agustus 1993. Nama Debian berasal dari kombinasi nama Ian dengan mantan-kekasihnya Debra Lynn: Deb dan Ian.

Pada awalnya, Ian memulainya dengan memodifikasi distribusi SLS (Softlanding Linux System). Namun, ia tidak puas dengan SLS yang telah dimodifikasi olehnya sehingga ia berpendapat bahwa lebih baik membangun sistem (distribusi Linux) dari nol (Dalam hal ini, Patrick Volkerding juga berusaha memodifikasi SLS. Ia berhasil dan distribusinya dikenal sebagai "Slackware").

Proyek Debian tumbuh lambat pada awalnya dan merilis versi 0.9x pada tahun 1994 dan 1995. Pengalihan arsitektur ke selain i386 dimulai pada tahun 1995. Versi 1.x dimulai tahun 1996. Dan dikembangkan secara teratur di setiap tahunnya.

Daftar rilis Debian, tahun rilis, dan nama kodenya dapat diketahui pada tabel berikut.


Nomor UrutTahunVersiNama Kode
119961.1Buzz
219961.2Rex
319971.3Bo
419982.0Hamm
519992.1Slink
620002.2Potato
720023.0Woody
820053.1Sarge
920074.0Etch
1020095.0Lenny
1120116.0Squeeze
1220137Wheezy
1320158Jessie
1420179Stretch
15?10Buster

Apa Fungsi dari Debian?

Sistem Operasi Debian ini biasanya lebih dikaitkan untuk membangun sebuah server.Yang Berfungsi sebagai:
  1. Penyedia Layanan (Seperti DNS server,Mail Server,Proxy Server,Dan Lainnya),
  2. Pengatur Proses Jaringan (Seperti Fungsi Router,Repeater,Dan Lainnya)
  3. Berfungsi untuk melakukan troubleshooting,dalam artian bisa mendeteksi kesalahan yang ada pada hardware,software,maupun network (jaringan)

Alasan kenapa Hacker lebih memilih Linux dari pada windows
Pernah nggak kamu penasaran, kenapa Linux dianggap sebagai sistem operasi terbaik, dan banyak digunakan oleh hackerprogrammerdeveloperGeeks, dan lainnya? Penggunaan Linux memang tumbuh pada tingkat yang luar biasa dan mampu bersaing dengan sistem operasi populer seperti Windows atau OS X.
Sistem operasi yang 100% open source ini semakin populer karena dapat dimodifikasi tampilannya dengan melakukan kustomisasi baris kode dalam kernel Linux. Linux memiliki kemampuan grafis yang kuat, begitu juga alat-alat pendukungnya. Hanya dengan menggunakan barisan kode, kamu bahkan bisa membuat Linux melakukan hal-hal yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya. Oleh karena itu hacker lebih memilih Linux yang banyak kelebihannya dibandingkan windows.


Macam-Macam Sistem Operasi Linux 
  1. Red Hat Linux
  2. Debian Linux
  3. Ubuntu Linux
  4. Linux Mint
  5. Fedora Linux
  6. suSE Linux
  7. cenTOS Linux
  8. Slackware Linux 


Kelebihan dan Kekurangan Debian?

Kelebihan :

  • Merupakan Sistem Operasi yang Kestabilan Programnya telah teruji,tidak mudah hilang,walaupun telah dinyalakan non-stop selama berbulan-bulan.
  • Sistem Operasi yang "Open Source",dalam artian semua daftar program dari sistem operasi tersebut dapat dilihat dan diubah tanpa adanya larangan.
  • Sistem Operasi yang "Free Software",dengan arti kita dapat menyalin,mengambil,mengcopy,dan menyebarkannya dengan bebas

~Kekurangan :

  • Cukup Sulit untuk dikonfigurasi bagi yang pemula
  • Proses Pengembangan / Update dari Sistem debian yang cukup Lama
  • Tidak cocok untuk bermain game,karena hanya sedikit game yang support di debian dan umumnya debian tidak digunakan untuk bermain game.

 

Jika ingin tahu lebih jauh Debian yuk belajar di LKP Metro Techno Solution.Karna di MTS itu jika sudah kursus disana mendapatkan drrtifikat linux. Jadi bayangkan saja di Metro ada tempat belajar Linux terbaik dan diajarkan langsung oleh PAK ADI JAYA SAPUTRA si otak Linux. Jangan ragukan lagi. Yuk daftarkan diri anda di tempat kursus terbaik!!

Demikianlah sedikit tentang pembahasan sistem operasi linux debian. Semoga pembahasan ini dapat dengan mudah kalian fahami

Metro Techno Solution
Unggul Cerdas Kompeten

Sekian
Wassalamualaikum 

Komentar