Kursus Komputer Terbaik Lampung - Metro Techno Solution



Assalamu'alaikum Wr. Wb

 Saya Amelia Gustina siswi dari SMK Muhammadiyah 1 Margaa Tiga,disini saya sedang melaksanakan prakerin di LKP Metro Techno Solution  yaitu kursus komputer terbaik Lampung Metro Techno Solution

Nah di blog kali ini saya akan membahas Cara Mengamankan Data Dengan WinRAR 

Apa si WinRAR itu?
WinRAR adalah sebuah perangkat lunak shareware pengarsipan dan kompresi yang dibuat oleh Eugene Roshal. WinRAR dapat mengarsipkan berkas-berkas menjadi format RAR atau ZIP. Pocket RAR, sebuah versi untuk Pocket PC, tersedia secara shareware.



Berikut adalah cara mengamankan data dengan Winrar
  1. Membuka folder yang akan diamankan di WinRAR
  2. klik kana pada folder
  3. Pilih dan klik Add To Archive
  4. Archive Name: Judul/Nama folder baru
  5. Perhatikan Format Arcive, Format Archive harus: RAR

6. Pilih dan klik set Password
7. Masukan password, lalu enter/ok
8. Tunggu proses sampai selesai

Kita coba buka klik 2x pada folder, pilih Antr10 (file folder), klik yang kedua camproj, masukan password yang tadi kita isi kan, lalu kita enter/ok

Selesai

Fungsi dan Manfaat dari WinRAR :
  • Menyatukan file apa bila terdapat banyak file kecil yang akan dikirim  atau dicopy ( biasanya lewat e-mail atau flashdisk) sehingga dapat memangkas waktu dengan menyatukan file tersebut dalam bentuk WinRAR.
  • WinRAR juga bisa digunakan  untuk Mengcompress/ Mengecilkan File. File yang kita miliki diubah menjadi WinRAR  maka ukurannya akan menjadi lebih ringan atau kecil.
  • Membuat file menjadi aman. Dalam winrar terdapat sebuah menu untuk membuat password, sehingga ketika file diubah menjadi winrar kita dapat menggunakan password. Ketika akan membuka file winrar tersebut kita harus memasukan passwordnya. Dengan demikian tidak semua orang dapat membuka file  winrar tersebut.
  • Membagi file. Jika terdapat sebuah file besar yang akan kita simpan namun space kita terbatas , maka dengan winrar kita dapat membaginya. Misalkan kita memiliki file denga kapasitas 4 Gb. Namun media penyimpanan kita cuman 2 Gb. Dengan WinRAR kita dapat membagi menjadi dua bagian file tersebut atau lebih, Sehingga masing-masing file bisa kita tentukan ukurannya.
  • WinRAR dapat digunakan mengekstrak  file  atau memecah  paket file winrar. Maksudnya adalah ketika terdapat file yang berekstensi winrar, untuk membukanya kita menggunakan sofware WinRAR dan saat dikeluarkan file tersebut akan lebih gampang untuk dibuka.
  • WinRAR juga dapat menghindari file kita dari ancaman virus komputer. Biasanya file yang berekstensi  winrar akan sangat jarang tertular virus komputer. Hai ini akan berbeda dengan file asli yang  tidak dicompress ke WinRAR.


Sekian, kurang lebihnya mohon maaf

METRO TECHNO SOLUTION
UNGGUL CERDAS KOMPETEN

Wassalamualaikum Wr. Wb

Komentar